Arum Jeram Sungai Panglayang

Arum Jeram Sungai Panglayang

 

Sungai Palayangan yang terletak di kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, adalah salah satu media untuk kegiatan wisata arung jeram. Jeram-jeram yang dimiliki oleh sungai Palayangan lumayan cukup extreme, jadi ada baiknya factor keamanan adalah prioritas utama dalam melakukan kegiatan arung jeram di sungai palayangan ini. Sungai Palayangan, dialiri oleh air dari Situ Cileunca, walau memang terkesan debit air yang mengalir ke sungai Palayangan ini bisa diatur, namun bukan berarti air yang mengalir tidak besar dan kuat arusnya, terutama jika musim hujan.

Ada beberapa jeram yang cukup ektrem di sungai Palayangan ini, salah satunya adalah jeram Domba, jeram Domba di sungai Palayangan ini, berupa seperti air terjun atau water fall, dengan ketinggian berkisar 2 meter dan kemiringan mencapai tegak lurus, sehingga jika kita melakukan aktivitas arung jeram di sungai Palayangan ini, salah satu jeram yang harus menjadi perhatian adalah jerma Domba ini. Para pemandu Wisata Arung Jeram di sungai Palayangan ini, akan selalu mengingat para awak atau wisatawan lebih dulu sebelum tiba atau memasuki jeram Domba ini, sebagai antisipasi agar pada saat perahu pada posisi tegak lurus ketika masuk ke jeram ini, posisi dayung semua harus dalam posisi aman dan nyaman agar tidak mengenai awak perahu lainnya, dan berpegang erat pada tali samping perahu, untuk menghindari jatuh atau keluar dari perahu.

Selain Jeram Domba, jeram lainnya adalah Jeram Kecapi, Jeram kecapi adalah jeram yang berundak-undak yang menyerupai bentuk kecapi, terbentuk oleh tingkat kemiringan yang berbeda-beda dari dasar sungai. Pada saat perahu  memasuki jeram ini laju perahu cepat karena tekanan arus dan kemiringan bentukan dasar

sungai dan pada akhir jeram bentukannya berupa water fall dengan ketinggian kisaran 1, 5 meter.

Wisata Arung Jeram, bukanlah wisata yang tanpa resiko, oleh karena sebaiknya demi keamanan dan kelancaran selama melakukan kegiatan wisata arung jeram, sebaiknya perhatikan dan ikuti instruksi yang disampaikan oleh pemandu yang mendampingi kita, jangan pernah menganggap remeh alam, walau pun sifatnya wisata, namun alam sangat sulit diprediksi kondisinya. Terutama pada musim hujan, ada baiknya kegiatan wisata arung jeram dilakukan pada waktu tidak terlalu siang atau di bawah jam 12 siang kita sudah melakukan pengarungan, terutama pada sungai –sungai yang memiliki banyak anak sungainya, namun jika berwisata arung jeram di sungai Palayangan, hindari pengarungan yang dilakukan pada sore hari terutama pada musim hujan, hal ini untuk mengantisipasi pembuangan air dari Situ Cileunca ke sungai Payangan yang berlebihan.

Berwisata Arung Jeram di Sungai Palayangan, yang teduh dengan suhu udara yang dingin, serta pemandangan kanan kiri hutan adalah merupakan sajian tersendiri, begitu juga dengan air sungai Palayangan yang jernih, menjadikan kegiatan wisata arung jeram kita lebih semangat, sehingga badan pun tidak gatal-gatal setelahnya.

Jarak tempuh pengarungan sekitar 5 km atau 1, 5 jam – 2 jam pengarungan, dengan tingkat kemiringan sungai yang menjadikan arusnya kencang, hal ini tidak begitu membuat kita lelah setelah selesainya kegiatan wisata arung jeram, rasa lapar setelah berkegiatan wisata arung jeram kemungkinan muncul akibat dari rasa dingin oleh air serta udara di kawasan Sungai Palayangan Pangalengan.

Jika anda berminat untuk melakukan kegiatan Wisata Arung Jeram di Sungai Palayangan ini, ada baiknya lebih dahulu anda menentukan piilihan terhadap Vendor atau Provider yang akan mendampingi kegiatan wisata arung jeram anda mulai dari kredibilitasnya hingga tanggung jawabnya serta fasilitas yang diberikan termasuk fasilitas makan, minum, transportasi serta fasilitas asuransi. Biaya yang mahal bukanlah ukuran untuk sebuah kegiatan wisata arung jeram yang penuh resiko. Murah dan Mahalnya Paket Wisata Arung Jeram yang ditawarkan, tentunya tergantung dari fasilitas yang diberikan pantas atau tidaknya terutama untuk sisi keselamatan, keamanan dan kenyaman anda selama melakukan kegiatan Wisata Arung Jeram di Sungai Palayangan Pangalengan ini.

Dari Bandung untuk perjalanan menuju Sungai Palayanganmemakan waktu kisaran 2 jam dengan menggunakan kendaraan roda 4, ada beberapa jalur alternative jika kita hendak menuju Sungai Palayangan Pangalengan ini bagi anda yang hendak melakukan kegiatan Wisata Arung Jeram, bisa keluar dari pintu Tol Kopo, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Soreang – Banjaran – Pangalengan, namun jika keluar dari Pintu Tol Buah Batu, perjalanan diteruskan ke arah Bale Endah-Banjaran selanjutnya menuju Pangalengan. Agar terhindar dari macet sebaiknya lakukan perjalan sepagi mungkin terutama pada ruas jalan terminal Banjaran dan di Kopo Sayati.