Cihampelas Walk

Cihampelas Walk

Sejarah Cihampelas Bandung

Meski saat ini terlihat lebih modern namun pusat wisata belanja di cihampelas bandung sudah ada sejak lama. Sebutan Cihampelas sendiri berasal dari 2 buah kata,yang pertama itu ci yang berasal dari bahasa sunda yang artinya cai,yang kedua hampelas merupakan nama pohon yang berdaun kasar dan pada zaman dulu banyak tumbuh di daerah tersebut.

Era Penjajahan Belanda

Pada zaman pemerintahan belanda,Cihampelas merupakan daerah pemukiman khusus orang eropa,ketika itu banyak bangunan yang arsitektur nya menggunakan gaya romantik.lalu pada tahun 1900 dibuat tempat pemandian yang dinamakan dengan TJIHAMPELAS.pemandian ini sebelum nya adalah kolam ikan yang di miliki seorang warga bernama Ny.savoyy Homan.

Sumber air nya sendiri berasal dari daerah sekitar. Sedangkan daun hampelas mudah sekali di dapat sering di pakai untuk membersihkan dan menggosok badan.Dari sini lah nama Tjihampelas berubah menjadi Cihampelas dan digunakan menjadi nama sebuah jalan sampai sekarang.

Selain itu tempat pemandaian ini juga tercatat sebagai kolam renang yang paling pertama di buat di Indonesia.selain orang Eropa,warga pribumi dari golongan bangsawan juga boleh memakai kolam tersebut.

Era Tahun 1980

Setelah bangsa Indonesia berhasil meraih kemerdekaan dan waktu terus berjalan,sekitar tahun 1980 para pemilik yang tinggal di daerah ini banyak yang menjual atau menyewakan pada orang lain.kemudian pada tahun 1987 terjadi pengalihan fungsi hingga muncul beberapa titik tempat berbelanja di Cihampelas.

Pada waktu yang hamper bersamaan,ada seorang pelaku bisnis yang membuka took pakaian pada lokasi yang sama. Namun ketika itu pakaian berbahan baku kain jeans tersebut masih tergolong mahal harganya sehingga banyak orang yang tidak mampu membeli nya.

Karena itu pengusaha tersebut kemudian memasarkan pakaian jeans yang lain dengan harga yang lebih murah.Setelah banyak yang laku hal ini di ikuti oleh beberapa pengusaha lain nya,dari sini lah kawasan tersebut mulai dikenal dengan sebutan jeans street.

Era Tahun 2000

Dalam perkembangan nya, mulai tahun 2000 pemakaian istilah jeans street ini mulai mengalami pergeseran.Sebab pada saat itu pemakaian kata factory outlet atau di singkat FO mulai popular dan sering di gunakan.Selain itu jensi pakaian yang di jual tidak hanya berbahan jeans namun sudah di lengkapi dengan variasi lainnya.

Saat ini kawan belanja di Cihampelas makin bertambah ramai dan padat.Apabila dulu hanya menjadi pusat perbelanjaan pakaian saja,saat ini telah muncul produk lain seperti tas,sepatu,dan berbagai macam produk fashion lain nya.selain itu banyak berdiri rumah makan yang membuat daerah ini makin bertambah ramai.

 

 

Cihampelas Walk (Ciwalk) adalah salah satu pusat perbelanjaan mewah di Kota Bandung. Mall ini berdiri pada tahun 2004. Mall ini merupakan tempat berbelanja yang berbeda, bersih dan nyaman. Ini memang dikondisikan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung agar lebih nyaman berbelanja.

Berjalan-jalan di Cihampelas pada siang, sore dan malam hari akan berbeda suasananya. Lampu dari tiap gerai dan bangunan utama pada malam hari akan memberikan atmosfer yang berbeda, belum lagi juntaian dan lilitan lampu hias yang digantungkan di pohon-pohon sekitar outdoor Ciwalk.

Pada tahun 2009 Ciwalk memberikan variasi baru untuk pengunjung. Yaitu dengan CX Cihampelas Walk Extension yang terdiri dari butik, hotel, dan skywalk. Ciwalk extention merupakan terobosan baru yang akan hadir melengkapi kawasan belanja Cihampelas Walk.

Di Ciwalk terdapat sebuah hotel baru yaitu Sensa Hotel dengan standar bintang 4 dengan jumlah 128 kamar, sehingga bagi para custemer yang menginap di Ciwalk hotel merasa lebih privat dan eksklusif. Selain desain hotel yang unik menyerupai kupu-kupu di kompleks Ciwalk inipun akan dibangun skywalk.

Kehadiran hotel di tengah-tengah Ciwalk yang sudah beroperasi pada tahun 2009 akan menambah lengkap Ciwalk.

Penyewa

Berikut ini adalah daftar penyewa di pusat perbelanjaan Cihampelas Walk.

Lantai Penyewa
Broadway Absolut Surf, Acer, Afends, Bandung Brownies, Bandung Oblong Bagus, Gokana Teppan, Henry Adams, Honeymoon Dessert, Le Petit Paris, Mahanagari, Oh La La Bistro, Pasar Tong Tong, Pisetta Ice Cream, Raffel’s, Soho Music, Texas Fried Chicken, The Kiosk, Tora Bika Cafe, Warung Talaga
Young Street BaOng (Bandung Oblong Bagus), Blind Resto, Everlast, Gigglebox, Halus, Raa Cha Suki, Shin Men Japanese Resto, Tan’s Batik
Union Street Bakso Malang Karapitan (BMK), BreadTalk, J.CO Donuts and Coffee, Pizza Hut, Platinum Restaurant, Starbucks Coffee
Extension Add On, Cup & Cino Coffee House, Depot Saribanon, eStore, High Tea, Les Femmes, Papyrus, Pet Store, Purwacaraka Music Store, Radja Ketjil, Roppan, The Little Thing She Needs, Yogya Express, Zap
LG Advance, Brown Salon, Century Healthcare, Face Time, Fit Plus, G-Fancy, Hammer, Han’s Collection, iHOME, JACO TV Shopping, Johnny Andrean, Mars & Venus, Metro Watch, Oke Shop, Paper Studios, Pierre Cardin, Spartan, Stigmata, Studio Nine, Tahu Brintiiik, The Sports Warehouse, Yogya Dept. Store
GF Arkara, A-Trinity, Fila, Harajuku, Leather Class, Lily Kasoem Optical, Optik Internasional, Payless Shoesource, Sport Station, Sox Galeri, Victoria World of Sports
1 Elizabeth, Hubsch, Jump ‘n Gym, Timezone, Zhen-Zhen, Zola–Zolu Art Gallery
2 Cinema XXI, Cinema XXI The Premiere, NAV Karaoke Keluarga, XXI The Lounge, XXI The Garden