Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo (SAU) adalah suatu tempat yang merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu. Selain itu, SAU mempunyai tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaanSunda dan khususnya angklung.

Didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati, dengan maksud untuk melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda. Berlokasi di Jalan Padasuka 118, Bandung Timur Jawa Barat Indonesia.

Dengan suasana tempat yang segar udaranya dan dikelilingi oleh pohon-pohon bambu, dari kerajinan bambu dan interior bambu sampai alat musikbambu.

Disamping pertunjukan rutin setiap sore, Saung Angklung Udjo telah berkali-kali mengadakan pertunjukan khusus yang dilakukan pada pagi atau siang hari. Pertunjukkan tersebut tidak terbatas diadakan di lokasi Saung Angklung Udjo saja, tetapi berbagai undangan tampil di berbagai tempat baik di dalam maupun di luar negeri, pada bulan Agustus tahun 2000 di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, Saung Angklung Udjo mengadakan konser kolaborasi dengan penyanyi cilik yang dijuluki Shirley Temple-nya Indonesia, yaitu Sherina.

Saung Angklung Udjo tidak terbatas pada hanya menjual seni pertunjukan saja, berbagai produk alat musik bambu tradisional (angklungarumbacalung dan lainnya) dibuat dan dijual kepada para pembeli.

Akses

Untuk mencapai tempat ini, jika naik kendaraan pribadi, pilih arah cipularang. Naik ke jembatan layang, ikuti papan petunjuk ke Cicaheum. Sekitar 100 meter sebelum Terminal Cicaheum, ikuti papan petunjuk menuju Jalan Padasuka. Anda akan menemui petunjuk ke lokasi. Anda juga dapat menggunakan angkutan umum sebagai pilihan. Dari Surapati, pilih angkutan umum 06 jurusan Cicaheum-Ciroyom (arah Cicaheum). Turun di perempatan Padasuka (100 meter sebelum Cicaheum), lanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek menuju Saung Udjo (500 meter).

SAUNG ANGKLUNG UDJO – Bagianda yang sukadengansenidanbudayadaerah, SaungAngklungUjoadalahpilihan yang tepatuntukandakunjungibilaandasedangberwisata di bandung. Disiniandabisabelajarbanyakhaltentangsenidanbudayadarijawabarat.SaungAngklungUdjomerupakansebuahtempatpertunjukandanpusatkerajinantangan yang terbuatdaribambu. Para wisatawan yang berkunjungkemariakan di manjakandenganberbagaimacamkeseniansunda

Di Saung Angklung Udjo anda bisa melihat berbagai macam kesenian seperti demontrasi wayang golek, upacara heleran, taritradisional, angklung pemula, angklung orchestra masal dan arumba serta yang paling membuat terkesan yaitu wisatawan akan diajak untuk menari dengan anak-anak. Suasana sepertiinilah yang membuat para wisatawan yang pernah berkunjung kemariingin kembali lagi untuk merasakan suasana khas sunda yang di kemas secara apik oleh Saung Angklung Udjo.

LOKASI Saung Angklung Udjo atau yang di kenal dengan SAU ini didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena bersama Uum Sumiati istrinya.Pendirian Saung Angklung Udjo terinspirasi dari filosofi guru Udjo Ngalagena, yaitu Daeng Soetigna (pencipta angklung pada tahun 1938).Beliau berpendapat, bahwa untuk mengembangkan warisan leluhur tanah Sunda (angklung), terdapat lima unsur utama, yaitu mudah, murah, mendidik, menarik, dan masal atau dikenal dengan nama 5M. Udjo menyempurnakan filosofi ini dengan menambahkan satu nilai, yaitu meriah.Semua terbukti ketika Anda memasuki area ini, sebuah gambaran keharmonisan antara alam dan budaya.

UPDATE: 03/01/2014

Alamat           : Jl. Padasuka 118 Bandung 40192 – Jawa Barat

HARGA TIKET MASUK

Wisatawan Lokal               : Rp. 60.000
Wisatawan Mancanegara  :Rp. 100.000
Pelajar                              : Rp. 35.000
Harga itu sudah termasuk souvenir berupa kalung ber bandul angklung, brosur dan minuman gratis.

PERTUNJUKAN

Pertunjukan Bambu Petang merupakan salah satu maha karya Udjo Ngalagena yang masih dapat kita lihat hingga saat ini, dipentaskan setiap hari mulai pukul 15.30 wib.Pertunjukan ini merupakan pagelaran apik dari budaya dan tradisi Sunda.

 

FASILITAS

Di Saung Angklun Udjo anda akan menemukan banyak sekali fasilitas yang bisa membuat anda bersama keluarga betah berlama-lama di sini. dan berikut ini adalah fasilitas yang ada di Saung Angklung Udjo

Bale Karesemen: Tempat berkumpul dan juga untuk mengadakan pertunjukan seni. Terdapat kursi yang terbuat dari kayu dan terdapat panggung untuk karawistan (pengrawit)

Buruan Sari Asih: Disini anda bisa bersantai bersama putra-putri anda sambil menikmati suasana alam khas sunda.

Pusat Produksi Angklung: Di pusat produksi angklung SAU anda bisa melihat cara pembuatan angklung terbaik di indonesia. Anda juga dapat belajar cara membuat angklung disini

Sentra Penyuluhan Kehutanan: Merupakan unit kegiatan SAU yang bekerja sama dengan departemen kehutanan, dimana SAU akan memberikan penyuluhan kepada pengunjung untuk memelihara pohon dalam rangka kontribusi terhadap lingkungan
Saung Angklung Udjo | PAKET BANDUNG
Saung: Anda bisa berkumpul bersama keluarga atau rekan anda di sini sambil menikmati suasana dan tanaman khas sunda. Anda juga dapat memesaan beraneka macam makanan khas sunda disini